Recent Posts

LightBlog

Breaking

LightBlog

Minggu, 17 Desember 2017

Jenis Minyak Yang Lebih Sehat Untuk Memasak

Dengan banyaknya varian minyak yang bisa digunakan untuk memasak saat ini, Anda mungkin akan kebingungan untuk memilih minyak apa yang paling sehat untuk digunakan setiap hari. Selalu ingat bahwa minyak memang tidak mengandung kolesterol, namun bisa memicu tumbuhnya kolesterol dalam tubuh Anda. Inilah Jenis Minyak Yang Lebih Sehat Untuk Memasak.

https://obatdiareuntukibuhamilyangaman.blogspot.com/2017/12/jenis-minyak-yang-lebih-sehat-untuk.html

Jenis Minyak Yang Lebih Sehat Untuk Memasak | Saat mendengar kata minyak goreng, apa yang tercetus dalam benak anda?? Sebagian besar dari anda mungkin akan memikirkan minyak kelapa sawit atau minyak zaitun. Namun ketahuilah, sebenarnya terdapat berbagai jenis minyak sehat yang dapat anda gunakan untuk memasak, sebagai pengganti minyak goreng yang saat ini anda gunakan.

Dalam berbagai media dan berita, masyarakat kerap dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan berminyak agar lebih sehat. Anjuran ini dapat dikatakan tak sepenuhnya benar. Sebab pada menu diet sehat, Anda justru dianjurkan untuk mengikutsertakan komponen minyak untuk memenuhi kebutukan asam lemak esensial tubuh.

Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat memproduksi sendiri asam lemak tersebut, sehingga kebutuhan ini harus dipenuhi lewat makanan. Terdapat dua jenis asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu linoleic acid dan alpha-linoleic acid yang keduanya merupakan bentuk asam lemak tak jenuh ganda.

Meskipun demikian, di pasaran terdapat tiga jenis minyak memasak dengan bentuk asam lemak yang berbeda-beda, yakni minyak dengan lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak jenuh.

Secara sederhana, dalam memilih minyak terbaik untuk kesehatan, hindarilah memilih minyak dengan kandungan lemak jenuh. Pilihlah minyak yang didominasi oleh kandungan lemak tak jenuh, baik tunggal maupun ganda.

Berikut ini beberapa jenis minyak memasak yang dapat Anda gunakan, terutama saat menjalankan diet sehat:
  • Minyak zaitun murni (extra virgin olive oil)
Pada urutan pertama, yang paling baik untuk masak adalah minyak zaitun murni. Minyak zaitun murni merupakan salah satu sumber lemak tidak jenuh tunggal. Sehingga, minyak ini bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol jahat Anda tetap rendah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Minyak ini juga mengandung antioksidan tinggi yang disebut dengan polifenol, yang dapat melindungi jantung Anda. Anda bisa menggunakan minyak ini untuk mengukus sayuran atau untuk menumis sayuran, serta minyak ini paling pas digunakan sebagai salad dressing.
  • Minyak kanola
Minyak kanola juga dapat menjadi pilihan baik untuk masak. Kanola atau Canola adalah singkatan dari (Canada oil low acid). Minyak kanola merupakan jenis minyak yang mengandung lemak tidak jenuh tunggal. Walaupun tidak banyak mengandung antioksidan karena banyak dilakukan pemrosesan, namun minyak kanola kaya akan asam alfa-linoleat, bentuk dari omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Minyak kanola mempunyai rasa yang netral dan juga titik asap yang tinggi, sehingga baik untuk memanggang dan menumis. Titik asap merupakan salah satu hal yang penting dipertimbangkan dalam memilih minyak untuk memasak di panas yang tinggi, seperti untuk menggoreng atau memanggang. Minyak kanola dapat digunakan untuk semua teknik memasak, tetapi jangan pernah menggunakannya secara berulang karena minyak ini tidak stabil setelah dipanaskan.
  • Minyak kenari
Minyak ini termasuk dalam minyak yang mengandung lemak tidak jenuh ganda dan juga mengandung omega-3. Minyak kenari mempunyai rasa seperti kacang, sehingga baik digunakan sebagai salad dressing atau untuk memanggang. Namun, minyak ini tidak tahan lama, jika Anda membeli minyak ini dalam botol kecil dan disimpan dalam kulkas, hanya akan bertahan sampai 3 bulan.
  • Minyak kacang
Minyak kacang tanah memiliki titik asap yang tinggi, sehingga menjadi pilihan baik untuk memasak dalam suhu tinggi, seperti untuk memanggang dan menumis. Minyak kacang tanah mengandung fitosterol, yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit kanker.
  • Minyak bunga matahari
Minyak bunga matahari mengandung lemak tidak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena telah dilakukan pemrosesan, minyak ini lebih stabil dan cocok untuk memasak dalam suhu tinggi. Minyak ini baik untuk menggoreng dan dapat menjadi pengganti mentega.

Nah, itulah Jenis Minyak Yang Lebih Sehat Untuk Memasak. Masing-masing memiliki manfaat dan kegunaan sendiri. Lebih baik jangan terus-terusan menggunakan satu minyak dalam waktu yang lama. Gunakan minyak-minyak diatas secara bergantian sesuai kebutuhan. Sekian dan semoga bermanfaat.

- Jenis Minyak Yang Lebih Sehat Untuk Memasak -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox